Halo,kali ini saya akan mengepost tentang perlukah tes prestasi
Sebenarnya apa sih tes prestasi?
1. Menurut Benyamin S. Bloom (Azwar, 2003), tes prestasi
belajar adalah salah satu alat ukur hasil belajar yang dapat mencakup semua
kawasan tujuan pendidikan, yaitu kawasan kognitif, afektif, dan
psikomotorik.
2. menurut Robert L. Ebel 1979 (Azwar, 2003), tes prestasi
memiliki fungsi mengukur prestasi belajar para siswa. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa tes prestasi belajar adalah sebuah tes yang digunakan untuk
mengukur kemampuan seseorang setelah menjalani proses pembelajaran.
Menurut para ahli Tes adalah :
· * Anne
Anastasi(Psychological Testing,1976): Bahwa tes pada dasarnya merupakan
suatu pengukuran yang objektif dan standar
terhadap sampel perilaku.
· * Frederick
G.Brown(1976): menyatakan bahwa tes adalah prosedur yang sistematis guna
mengukur sampel perilaku seseorang.
· * Lee
J.Cronbach(Essensial of Psychological Testing,1970): …”a systematic
procedure for observing a person’s behavior and
describing it with the aid of a numerical scale or a category system.
Dari Berbagai macam batasan katagori
tes diatas dapat ditarik kesimpulan yaitu adalah :
1. Tes adalah
prosedur yang sistematis. Maksudnya: aitem-aitem dalam tes disusun menurut cara
dan aturan tertentu,prosedur administrasi tes dan pemberian angka(scoring)
terhadap hasilnya harus jelas dan dipesifikkan secara terperinci,dan setiap
orang yang mengambil tes itu harus mendapat aitem-aitem yang sama dalam kondisi
yang sebanding.
Lalu,apakah fungsi dari tes prestasi
belajar itu?
* Fungsi
Penempatan
Fungsi penempatan adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk
klasifikasi individu kedalam bidang atau jurusan.
* Fungsi
formatif
Fungsi formatif adalah penggunaan tes prestasi belajar guna
melihat sejauh mana kemampuan belajar yang telah dicapai oleh siswa
dalam suatu program pendidikan.
* Fungsi
diagnostic
Fungsi diagnostik adalah penggunaan tes prestasi belajar
untuk mendiagnosis kesukaran-kesukaran dalam belajar, mendeteksi
kelemahan-kelemahan siswa yang dapat diperbaiki segera, dan semacamnya.
* Fungsi Sumatif
Fungsi sumatif adalah penggunaan hasil tes prestasi belajar untuk memperoleh
informasi mengenai penguasaan pelajaran yang telah direncanakan sebelumnya
dalam suatu program pelajaran.
Jadi,tes
prestasi itu perlu,soalnya kalo tes prestasi itu ga dilakukan bagaimana
mengetahui kemampuan dari anak itu selama ia duduk di bangku sekolah. Namun dalam
permasalahan UN (ujian nasional) seharusnya pemerintah menimbang kembali bobot
poin kelulusan pada anak sekolah,sebaiknya tidak terlalu membesarkan bobot poin
untuk UN karena sayang sekali jika bobot yang dibuat UN terlalu besar tanpa
mengindahkan bobot dari uas. Sebaiknya jika nilai UN siswa jelek berpengaruh
pada akredetasi pada angkatan selanjutnya,jadi di sekolah baik kepala
sekolah,guru dan murid saling berpacu dalam meningkatkan akredetasi sekolah,baik
guru dan muridnya itu sendiri saling mendorong satu sama lain,jadi hasil dari
produk sekolah itu tidak hanya meluluskan saja,namun menciptakan anak anak
berkualitas.
Created by:
Luthfi
Mardhiansyah
1125115011
Non Reguler
B 2011
Universitas
Negeri Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar